logo

Beranda > BERITA > Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK)

Dosen Magister MPI FITK Ikuti Workshop Tata Kelola Jurnal 2022


2022-11-24 14:55:23 oleh arip 327 PDF Version

img

 

HUMAS – UINRF -- Program magister MPI UIN Raden Fatah Palembang mengikuti workshop tata kelola jurnal yang diwakili oleh Arvin Efriani, M.Pd., dan Sri Maryati, M. Pd. Workshop tata kelola jurnal menuju jurnal bereputasi merupakan bentuk implementasi kerjasama jurnal Studia Manageria MPI S2 UIN Raden Fatah Palembang dengan PPMPI (Perkumpulan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Indonesia), yang dilaksanakan pada Senin-Rabu, 21-23 November 2022 di Hotel University Yogyakarta.
 
Kegiatan ini dibuka langsung oleh Ketua Pelaksana Dr. Sri Rahmi, M.A. Beliau menyampaikan selamat datang dan mengapresiasi kehadiran peserta workshop. “Kegiatan ini diharapkan menjadi tempat belajar dan sharing dalam mengelola jurnal menuju jurnal bereputasi,” ujarnya.
 
Kegiatan workshop tata kelola jurnal menuju jurnal bereputasi ini dilanjutkan dengan membahas bagaimana mengelola jurnal yang belum terakreditasi menjadi terakreditasi, peningkatan jurnal dari Sinta 5 menuju Sinta 3 dan 2. 

Dalam workshop, Busro, M.A. selaku Narasumber menyampaikan, konteks jurnal internasional dapat dilihat dari penulis berasal dari negara luar sebanyak 1-3 orang, editor dari luar negeri sebanyak 1-4 orang, begitu juga untuk reviewernya, dan yang terakhir jurnal terindeks Scopus. “Pengelola jurnal harus aktif dan kreatif dalam pengelolaan jurnal agar jurnalnya internasional dan terindeks Scopus,” ucap Beliau.
 
Pemateri hari kedua  Dr. Zainal Arifin, M.Si. menjelaskan bahwa dalam menuju jurnal bereputasi harus saling bersinergi antara reviewer-reviewer yang ada di semua Universitas yang ada di Indonesia, dapat dilakukan dengan menjalin kerjasama menjadi penulis sesama Dosen, Dosen dan Mahasiswa.
 
Pada hari terakhir materi dipaparkan oleh Dr. Hasan Baharun, M.Pd. selaku Narasumber. Beliau menjelaskan step-step bagaimana cara kerja reviewer yang baik dan benar, dan dijelaskan bagaimana strategi mengolah jurnal.
 
Kegiatan workshop tata kelola jurnal ini berjalan dengan lancar dan di akhir kegiatan ini ditutup dengan acara city tour.


                    
universitas terbaik indonesia universitas PTKIN terbaik indonesia universitas Islam terbaik indonesia universitas islam terbaik indonesia