logo

Beranda > BERITA > UIN Raden Fatah Palembang

Dosen Dan Alumni FPSI UIN Raden Fatah Raih Best Presenter Pada The 9th IIUCP


2022-11-28 15:31:58 oleh humas 244 PDF Version

img

Humas UIN RF-- The 9th Inter-Islamic University Conference on Psychology (IIUCP) merupakan konferensi di bidang Psikologi yang diselenggaran oleh beberapa perguruan tinggi Islam di Indonesia. Perguruan tinggi Islam yang tergabung ialah Universitas Islam Indonesia, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Universitas Islam Bandung, Universitas Islam Riau, Universitas Islam Sultan Agung, UIN Raden Fatah Palembang, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Abdurrab, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Universitas Muhammadiyah Riau, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka, UIN Walisongo Semarang, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Universitas Muhammadiyah Bandung, UIN Sultan Syarif Kasim Riau, dan Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur. Kali ini, The 9th Inter-Islamic University Conference on Psychology (IIUCP) diselenggaran di Universitas Islam Riau pada tanggal 25 dan 26 November 2022. Pada tanggal 25 November 2022, acara yang berlangsung ialah pelaksanaan presentasi untuk Call for Paper. Presentasi berlangsung dengan menanyangkan video presentasi yang telah dikirimkan oleh peserta sebelumnya. Panitia The 9th Inter-Islamic University Conference on Psychology (IIUCP) membagi peserta pada 12 ruangan.

Fakultas Psikologi UIN Raden Fatah Palembang turut berpartisipasi pada The 9th Inter-Islamic University Conference on Psychology (IIUCP) dengan mengirimkan beberapa naskah pada acara tersebut. Setidaknya, terdapat 4 Dosen Fakultas Psikologi UIN Raden Fatah Palembang yang turut hadir secara offline pada kesempatan tersebut. Kusumasari Kartika Hima Darmayanti, M.Si. merupakan salah satu peserta Call for Paper yang menghadiri The 9th Inter-Islamic University Conference on Psychology (IIUCP) secara offline. Kusumasari Kartika Hima Darmayanti, M.Si. adalah peserta yang memeroleh 1st Best Presenter dari Room 1. Judul naskah yang dipresentasikan ialah ‘Cognitive Strategy Use Perbedaan Jenis Kelamin pada Siswa Sekolah Mengenah’. Naskah yang dikirim mengkaji tentang Cognitive Strategy Use yang diterapkan oleh siswa Sekolah Menengah Pertama selama mengikuti proses pembalajaran dengan system Hybrid Learning yang disebabkan adanya adaptasi dengan situasi COVID-19 dinyatakan sebagai endemik. Temuan penelitian menunjukkan bahwa siswa perempuan lebih sering menerapkan Cognitive Strategy Use dibandingkan dengan siswa laki-laki. Hal ini mengindikasikan bahwa siswa perempuan lebih sering menggunakan rehearsal strategy, collaboration strategy, dan organizational strategy dibandingkan dengan siswa laki-laki. Penelitian tersebut juga memberikan implikasi, terutama untuk Psikolog Pendidikan, Psikolog Sekolah, Guru, orang tua, dan pihak sekolah, untuk menyusun modul dan program intervensi Pendidikan atau intervensi psikologi yang menekankan pada aspek peningkatan penggunaan rehearsal strategy, collaboration strategy, dan organizational strategy pada siswa laki-laki, sehingga performa akademik siswa laki-laki bisa meningkat. 

Tidak hanya itu, di bawah bimbingan Dr. Ema Yudiani, M.Si., Psikolog., Dwi Maryani, S.Psi. menjadi 3rd Best Presenter pada Call for Paper yang menjadi salah satu agenda The 9th Inter-Islamic University Conference on Psychology (IIUCP). Dwi Maryani, S.Psi. merupakan alumnus  Fakultas Psikologi UIN Raden Fatah Palembang. Dia berpartisipasi sebagai peserta secara daring. Naskah yang dikirimkan berjudul ‘Stress Kerja Ditinjau dari Kecerdasan Emosional’.

The 9th Inter-Islamic University Conference on Psychology (IIUCP) juga dimeriahkan dengan agenda seminar yang turut mengundiang Prof. Dr. Shukron Abd Rahman (Dekan KIRKHS IIUM Malaysia), Dr. H. Fuad Nashori, M.Si., Psikolog (Dosen Psi UII/Presiden IIUCP Forum), M. Salis Yuniardi, Ph.D., Psikolog (Dekan Psi UMM), dan Dr. Sigit Nugroho, Psikolog (Dosen Psi UIR). Selain itu, pada akhir sesi, pihak UIR mengakoordinasi sharing session bersama dengan Dekan, Kaprodi, dan beberapa perwakilan dari perguruan tinggi Islam peserta  The 9th Inter-Islamic University Conference on Psychology (IIUCP). Sharing session membahas terkait aspek pendidikan dan pengajaran di Program Studi Psikologi, terutama untuk meningkatkan kemampuan dan kesadaran mahasiswa akan nilai dan kemampuan mahasiswa dalam meningkatkan kemampuan Bahasa Arab dan Baca Tulis Al-Qur’an.


                    
universitas terbaik indonesia universitas PTKIN terbaik indonesia universitas Islam terbaik indonesia universitas islam terbaik indonesia