logo

Beranda > BERITA > Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam (FUSHPI)

KUNJUNGI RRI PALEMBANG, PARA DEKANAT DAN MAHASISWA FUSHPI PERTAJAM KEMAMPUAN REPORTASE DAN PUBLIC SPEAKING


2022-11-29 09:45:53 oleh ushpi 280 PDF Version

img

 

Palembang, FUSHPI Melesat (29/11/2022/) – Reportase merupakan salah satu kegiatan jurnalistik yang dilakukan guna mencari dan mengumpulkan fakta, untuk selanjutnya disusun menjadi sebuah pemberitaan yang utuh. Adapun public speaking merupakan seni berkomunikasi secara lisan yang dilakukan oleh seseorang ke sekelompok orang secara langsung bertatap muka sebagai contoh yaitu pidato, moderator, MC (Master of Ceremony) dan dalam presentasi. Dalam rangka mengembangkan kompetensi reportase dan public speaking tersebut, Dekanat Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran dan Islam (FUSHPI) melalui Lembaga Laboratorium FUSHPI dan Radio Republik Indonesia (RRI) Palembang melakukan kunjungan ke studio RRI Palembang bersama para mahasiswa yang telah mengikuti pelatihan reportase dan public speaking bersama RRI Palembang.

Kunjungan para dekanat dan mahasiswa FUSHPI tersebut, diawali dengan pertemuan yang dilaksanakan di ruang pertemuan RRI Palembang yang dihadiri oleh Dekanat FUSHPI UIN Raden Fatah Dra. Hj. Anisatul Mardiah, M.Ag, Ph.D selaku Wakil Dekan III FUSHPI, beserta Kepala Bagian TU Dr. Jumiana, M.Pd.I, Kepala Laboratorium FUSHPI Sulaiman M. Nur, MA. Para dosen dan staf FUSHPI, para narasumber dari RRI Palembang, Yedi Yulistiadi, S.Sos. selaku Kepala Bidang pemberitaan RRI Palembang, Lidia Wulansari SH Pembina reportase dan public speaking, para staf RRI Palembang, panitia penyelenggara kunjungan, serta para peserta pelatihan dari mahasiswa dan mahasiswi dari Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam UIN Raden fatah Palembang.

Dra. Hj. Anisatul Mardiah, M.Ag, Ph.D., dalam sambutannya mengatakan, FUSHPI sangat berterima kasih sekali kepada pihak RRI Palembang yang telah membina dan mengajarkan cara berbicara  atau berpidato di depan umum kepada para mahasiswa FUSHPI sehingga menumbuhkan rasa percaya diri. Kemudian beliau menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada RRI Palembang atas kekhilafan selama pelatihan dan pembinaan.

Kepala Bidang Pemberitaan RRI Palembang Yedi Yulistiadi, S.Sos. dalam sambutan menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada FUSHPI atas support dan kerjasama yang terjalin dalam pembinaan dan pelatihan reportase dan public speaking kepada para mahasiswa. Baginya, public speaking sangatlah penting bagi kehidupan sehari-hari terutama sekali bagi para mahasiswa, baik yang berupa bakat alami semenjaka lahir maupun melalui pelatihan. Menurutnya lagi, untuk menumbuhkan kemampuan reportase maupun public speaking perlu kemauan yang kuat untuk bisa dan belajar sehingga bisa dan mampu berhadapan dengan audiens.

Terakhir, acara dilanjutkan dengan do’a yang disampaikan oleh mahasiswa FUSHPI, lalu dilanjutkan dengan pemberian cendramata dan plakat dari FUSHPI kepada RRI Palembang dengan Dinas Kepustakaan dan Kearsipan Banyuasin serta pemberian cinderamata dari FUSHPI, sebagai ucapan terima kasih yang mendalam atas bimbingan dan arahan kepada para mahasiswa FUSHPI. Kemudian dilanjutkan dengan kunjungan ke ruang studi RRI Pro 1, Pro 2, Pro 3 dan Pro 4. (Sulaiman, Kher)


                    
universitas terbaik indonesia universitas PTKIN terbaik indonesia universitas Islam terbaik indonesia universitas islam terbaik indonesia