Dies Natalis ke-59: UIN Raden Fatah Gelar Rangkaian Acara Besar dan Beri Golden Tiket

Dies Natalis ke-59: UIN Raden Fatah Gelar Rangkaian Acara Besar dan Beri Golden Tiket

Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang memperingati Dies Natalis ke-59 yang bertepatan pada tanggal 13 November 2023. Institut Agama Islam Negeri ( IAIN ) Raden Fatah Palembang diresmikan pada tanggal 13 November 1964  dan pada tahun 2014 bertransformasi menjadi UIN Raden Fatah Palembang. Dalam rangka memperingati Dies Natalis ke-59 tersebut, UIN Raden Fatah Palembang menggelar berbagai rangkaian kegiatan yang pelaksanaannya telah berlangsung pada Oktober hingga 20 November 2023 mendatang.

Dies Natalis UIN Raden Fatah Palembang ke-59 kali ini mengusung tema "Menjalin Kebersamaan Mewujudkan UIN Raden Fatah Unggul dan Mendunia", dengan harapan terus bersinergi untuk dapat mewujudkan apa yang menjadi cita-cita UIN Raden Fatah dan bergerak menuju kejayaan UIN Raden Fatah Palembang.

Rektor UIN Raden Fatah Prof. Nyayu Khodijah, S.Ag. M.Si menyampaikan bahwa dies natalis ini digelar sebagai bentuk peringatan hari lahir perguruan tinggi, serta merupakan peristiwa penting yang menandai awal perjalanan pendidikan dari UIN Raden Fatah Palembang.

Di usia ke-59 tahun UIN Raden Fatah telah mengukir sejarah atas capaian yang telah didapat yakni mencapai perdikat akreditas unggul. Ini merupakan hadiah yang luar biasa yang didapatkan UIN Raden Fatah di usianya yang ke-59 tahun,” ujar Rektor, Minggu (19/11/23).

Lebih lanjut Prof. Nyayu mengatakan bahwa dies natalis merupakan peristiwa yang sangat penting bagi UIN Raden Fatah, bukan hanya sebagai penanda bertambahnya usia, tetapi juga menjadi penanda tingkat kedewasaan dalam berkarya.

Dies natalis merupakan suatu kesempatan untuk menguatkan komitmen akan perubahan demi kemajuan UIN Raden Fatah Palembang dan hingga akhirnya di usia ke-59 ini UIN Raden Fatah berhasil mencapai predikat akreditas unggul,” ungkap Rektor.

Ada beberapa kegiatan besar yang akan digelar. Berbagai pertandingan dan perlombaan pada Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) yang akan diselenggarakan dalam rangkaian kegiatan dies natalis UIN Raden Fatah ke-59. Adapun ragam kegiatan perlombaan pada Porseni dies natalis ke-59 UIN Raden Fatah yakni, pop solo islami, ceramah agama, catur, tenis meja, Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ), Musabaqah Hifdzil Qur’an (MHQ) dan pencak silat.

Para pemenang dalam kegiatan Porseni tersebut  berhak mendapatkan Golden Tiket bebas masuk ke UIN Raden Fatah tanpa tes dan juga berhak mendapatkan UKT terendah.

Dalam rangkaian kegiatan Dies Natalis UIN Raden Fatah yang ke-59 juga telah diselenggarakannya shalawat akbar dan dialog kebangsaan, peluncuran al-Qur’an dengan terjemahan bebaso Palembang dalam bentuk digital, green campus competition, lomba video kreatif, serta International Seminar on Social Humanities and Malay Islamic Civilization (ISSHMIC) yang menghadirkan 7 pembicara dari berbagai negara.

Bukan itu saja, dalam menyemarakkan Dies Natalis UIN Raden Fatah ke-59 ini juga diadakannya jalan sehat, bakti sosial (donor darah), lomba menghias tumpeng kreatif dan puncaknya ditutup dengan sidang senat terbuka serta pengukuhan guru besar dan penyampaian kinerja rektor.

Penulis : Riska Amelia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *